Evaluasi Encapsulated Scale Inhibitor Treatment

Wildo Fajar

PATRA13032

Divisi Keprofesian dan Keilmuan HMTM “PATRA” ITB 2016/2017

Gambar 1. Inhibitor transfer pada aliran yang normal (Sumber: https://www.onepetro.org/)

Salah satu keunggulan dari metode ini adalah penempatan fluida treatment pada rathole dibandingkan metode squeezing yang memompakan inhibitor ke dalam formasi. Metode Encapsulated akan efektif jika diterapkan pada produksi minyak yang kecil dengan water cut yang tinggi. Prinsip dari active scale inhibitor ini yaitu inhibitor akan secara kontinu terlepas dari membran polimer menuju ke air formasi pada rathole. Faktor yang mempengaruhi adalah suhu, komposisi air formasi, pH, dan konsentrasi inhibitor pada air formasi. Sebagai contoh, scale akan cenderung mudah terbentuk pada suhu dan pH yang tinggi. Sebagai perbandingan pada temperatur tinggi, pH tinggi, maka pelepasan inhibitor ini juga akan semakin cepat.

Desain Treatment

Volume bahan kimia yang diinjeksikan bergantung pada volume rathole. Data lapangan menunjukkan diperlukan 70–100% dari rathole sebaiknya terisi oeh scale inhibitor dan supernatant brine. Jangka waktu treatment bergantung pada kumulatif produksi air saat inhibitor bereaksi dengan air. Jangka waktu ini juga bergantung pada kuantitas bahan kimia yang digunakan, semakin banyak kuantitas bahan kimia, semakin lama treatment dapat berjalan.

Evaluasi Keekonomian

Encapsulated scale inhibitor treatment memiliki beberapa keunggulan dan efisiensi biaya dibandingkan dengan conventional squeeze treatment. Treatment ini cocok digunakan pada:

1. produksi minyak yang rendah dengan water cut tinggi

2. Sumur offshore, dimana biaya pumping yang mahal

3. Sumur yang membutuhkan biaya lebih mahal karena efek dari pergerakan tubing yang diakibatkan injeksi air dalam jumlah yang besar

Gambar 2. Perbandingan biaya metode conventional dan encapsulated scale inhibitor (Sumber: https://www.onepetro.org/)

Tabel diatas menunjukkan perbandingan antara biaya conventional squeeze treatment dan encapsulated scale inhibitor treatment pada suatu lapangan. Dapat diperoleh informasi dari tabel tersebut bahwa penggunaan encapsulated scale inhibitor treatment memberikan biaya 70% lebih murah dari metode conventional, hal ini dikarenakan pada metode encapsulated tidak dibutuhkan volume fluida treatment yang besar dan tidak dibutuhkan pump dengan tekanan tinggi yang dibutuhkan pada metode conventional.

Referensi

A Simple Model of Precipitation Squeeze Treatments. https://www.onepetro.org/conference-paper/SPE-155111-MS

Encapsulated Scale Inhibitor Treatment. https://www.onepetro.org/conference-paper/SPE-37790-MS