KAJIAN MASSA COMMUNITY DEVELOPMENT 2013

KAJIAN COMDEV PATRA

Community Development (Comdev) adalah usaha yang dilakukan oleh suatu pihak untuk memajukan suatu komunitas masyarakat dengan tujuan agar dapat lebih mandiri. Himpunan kita tercinta HMTM PATRA juga memiliki Comdev.

Kajian Comdev PATRA 250913 (5)Comdev PATRA adalah suatu badan di dalam HMTM PATRA yang melaksanan pengembangan komunitas terhadap beberapa Desa di Pangalengan yakni Desa Kasepen dan Citiis. Comdev Patra memiliki tujuan yakni untuk menubuhkan dan memupuk rasa simpati dan empati massa Patra untuk nantinya diaplikasikan dalam memajukan desa binaan. Comdev Patra diinisiasi pada kepengurusan BP Bang Madhan TM’08, di bawah divisi Pengabdian Masyrakat (PM) Bang Roni TM’08 dengan Bang Naufal TM’09 sebagai ketuanya. Setelah Bang Naufal menjadi Ketua Himpunan pada BP 2009, ia menunjuk Bang Soni TM’09 sebagai ketua Comdev. Saat ini Comdev telah berada pada usia yang ke 3 tahun dan sudah banyak hal yang dicapai yakni diantaranya adalah produk makanan berupa kripik, bawang goreng dll.

Kajian Comdev PATRA 250913 (9)Selama ini Comdev Patra berada di dalam himpunan sebagai salah satu BP HMTM PATRA. Pada BP 2009 sebagai Badan Independen yang tetap berada didalam struktur BP. Pada BP Jemi TM’10 Comdev dijadikan sebagi Departemen Khusus dengan Devi TM’10 sebagai Ketuanya. Terdapat sedikit ambiguitas pada kedudukan comdev di Patra yakni sebagai Badan Semi Otonom (BSO) atau sebagai Departemen di BP. Hal ini terjadi selama dua (2) kepengurusan awal comdev yakni di BP 2009 dan BP 2010.

Kajian Comdev PATRA 250913 (13)Pada 25 September 2013, Kajian Strategis “KASTRAT” mengadakan Kajian Massa. Tujuan kajian massa kali ini adalah untuk mencerdaskan massa akan kedudukan Comdev sekarang di HMTM PATRA, mengenalkan Badan Semi Otonom (BSO) serta pengambilan keputusan kedudukan Comdev di HMTM PATRA. Kajian dimulai pukul 13:00 WIB di di samping himpunan. Massa PATRA yang menghadiri Kajian diperkirakan mencapai 40 orang yang terdiri dari angkatan 2011, 2010 dan 2009.

Kajian Comdev PATRA 250913 (22)Alur Kajian dimulai dari pengenalan tentang sejarah berdirinya Comdev Patra di Desa Kasepen, penjabaran update terbaru dari comdev patra yang dibawakan oleh Devi Anggara sebagai Kepala Departmen Comdev, penjabaran hasil benchmark BSO dan Comdev ke Himpunan lain oleh Kastrat yang akhirnya dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab serta diskusi plus dan minus Comdev PATRA sebagai BSO/Departemen. Mantan Ketua Comdev dari BP 2009, Bang Soni juga turut hadir dalam Kajian. Ia banyak memberikan pandangan serta sharing pengalaman ketika dahulu masih menjabat. Massa yang mengikuti kajian banyak memberikan pandangan, kritisi serta rekomendasi mengenai materi hasil kajian KASTRAT.

Kajian Comdev PATRA 250913 (23)Output yang dituju pada kajian massa kali ini berhasil diperoleh dengan baik. Massa merasa tercerdaskan serta telah diambil keputusan bahwa Comdev PATRA tetap memiliki kedudukan sebagai “Departemen Khusus” dengan alasan:

–          Memiliki program kerja Mandiri dan berkelanjutan pada kepengurusan berikutnya.

–          Target Utama dari program Kerja adalah Masyarakan desa binaan

–          Memiliki sumber dana dari luar PATRA.

–          Departemen Khusus lebih flexible dan mudah di kontrol oleh BP dan Massa daripada BSO.

–          Comdev berpotensi untuk menjadi BSO, tetapi lebih baik diterapkan setelah program kerja saat ini usai yakni di desa Kasepen dan Citiis.

Harapan dari KASTRAT adalah agar hasil kajian massa kali ini dapat berkontribusi untuk membuat Comdev PATRA menjadi lebih baik kedepannya serta agar semangat dan budaya kajian di HMTM PATRA dapat terus meningkat!

HASIL KAJIAN COMDEV HMTM PATRA 25-09-13

 

PENULIS

Rendhi Prakoso Kastrat HMTM Patra

MUHAMMAD ISMAIL RENDHI PRAKOSO 12210067

OKTOBER 2013