Sejarah PATRA

Sebuah organisasi lahir dari suatu kebutuhan. Begitu juga PATRA. Berdirinya Himpunan kita semua, Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan “HMTM PATRA” diawali dengan berdirinya secara resmi sub jurusan Bagian Teknik Perminyakan, yang berpisah dari Bagian Tambang di dalam lingkungan Departemen Teknologi Mineral ITB pada September 1962. Selang setahun kemudian, tepatnya pada 24 Desember 1963, mahasiwa eknik perminyakan memisahkan diri dari Himpunan Mahasiswa Tambang dan mendirikan HMTM PATRA. Pengurus pertama pada saat itu antara lain adalah Nazar Machmud(TM 1960), Eddy Sudiarto(TM 1960), dan Rivai Hamzah (TM 1961).

Gejolak Politik saat itu memaksa mahasiswa saat itu mau tidak mau harus siap menghadapi tekanan dari berbagai pihak. Karena bagaimanapun juga, mahasiswa adalah insan akademik yang independen dan kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang berlaku saat itu, sehingga penggemblengan fisik dan mental perlu dilakukan. Pada saat itu, kegiatan ospek dinamakan MAPRAM (Masa Prabakti Mahasiswa) atau MAPERMA (Masa Perkenalan Mahasiswa).

Sejarah PATRA tidak dapat lepas dari sejarah kemahasiswaan di ITB. Pada bulan Januari- Februari 1978 kampus diserbu dan diduduki oleh tentara selama enam bulan. Kegiatan kemahasiswaan dan akademik dihentikan. Kejadian ini berawal dari apel sekitar 2000 mahasiswa yang menyatakan menolak naiknya kembali Soeharto menjadi Presiden RI. Akibatnya, petinggi-petinggi DM ITB (Dewan Mahasiswa) saat itu dipenjara dan disidang.

Memasuki era 80an, pada tahun 1982 tekanan dari pihak rektorat mengakibatkan Dewan Mahasiswa membubarkan diri. Pergerakan Kemahasiswaan tetap harus berjalan sehingga, saat itu kegiatan kaderisasi dan kemahasiswaan diserahkan ke masing-masing himpunan dan unit. Kaderisasi yang dijalankan bernama OSPEK yang dilaksanakan selama 1 tahun saat TPB. Pada saat itu proses kaderisasi mengandung latihan fisik, mental dan kemampuan berpikir kritis serta dapat mempertanggungjawabkan pendapatnya.

Hingga awal era 2000an, kegiatan kaderisasi PATRA dikenal keras dan masih mengandung unsur hukuman fisik. Begitu pula himpunan-himpunan di timur jauh lainnya, sehingga di ITB himpunan timur jauh dikenal memiliki watak yang keras. Hal ini menimbulkan efek yang positif, juga negative. Positifnya adalah kebersamaan dan solidaritas yang tinggi , namun akibatnya adalah rasa bangga berlebih yang menyebabkan militansi himpunan, dimana timbul arogansi himpunan yang merasa lebih baik dari himpunan lain. Mulai tahun 2006, hukuman fisik di kaderisasi mulai dihilangkan. Hal ini karena hukuman fisik tak lagi dirasa sesuai dalam memenuhi kebutuhan seorang sarjana teknik perminyakan. Selain itu, tekanan dari pihak kampus juga turut mengambil andil dalam penghilangan hukuman fisik. Ya bagaimanapun juga kaderisasi harus memenuhi kebutuhan dengan tetap menjunjung tinggi nilai intelektualitas.

Beberapa acara besar telah dilaksanakan oleh PATRA. . PATRA pernah mengadakan Festival Folk Song antar SMA, Student Paper Contest, Simposium dan Exhibition Petroleum dan Study Tour ke lapangan minyak. Beberapa tahun kebelakang ini, PATRA pernah mengadakan sebuah acara eksternal yang bernama PETROLEIRON dan PETROGRESSIO, yaitu sebuah acara berbasis keprofesian yang berisi seminar nasional, lomba-lomba dan malam alumni. Terakhir, seperti yang kita ketahui bersama, kepengurusan bang Madhan juga menyelenggarakan acara berbasis keprofesian yaitu PETROGLANZ. Sebuah acara yang berupaya untuk mencerdaskan internal maupun eksternal PATRA tentang keenergian Indonesia khususnya migas.

Demikianlah perjalanan himpunan kita sampai saat ini. Para pendahulu kita telah menorehkan penanya di lembar sejarah PATRA. Sekarang waktunya kitalah untuk mengisi lembaran-lembaran kosong tersebut. Himpunan ini telah mengalami banyak peristiwa baik itu yang positif maupun negatif. Itulah gunanya mengetahui sejarah. Hal baik, buruk, sukacita maupun kesedihan akan menjadi sebuah pelajaran dan evaluasi bagi generasi penerus. Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dari masa lalu organisasi kita dengan pikiran terbuka.semoga.

Salam PATRAMANIA!