GRAND SEMINAR DIES EMAS HMTM PATRA ITB

Kementerian Perindustrian menilai kinerja industri penunjang untuk sektor minyak dan gas (migas) belum optimal. Padahal industri ini sangat penting untuk menopang industri migas yang diharapkan semakin berdaya saing di tingkat dunia. Sehingga dalam proses pengadaannya seringkali dikendalikan oleh eksportir bahan baku di luar negeri yang juga merupakan produsen barang yang sama dengan barang yang diproduksi di dalam negeri. Hal ini menjadi ancaman serius pada industri dalam negeri akibat lonjakan impor produksi terjadi antara lain pada industri Casing Tubing, Pipa Salur, dan sebagainya.
grand seminar Patra
Berkaitan dengan hal di atas, Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan “PATRA” ITB, akan mengadakan acara “Grand Seminar” sebagai salah satu rangkaian acara dari Dies Emas HMTM PATRA. Dalam seminar yang rencananya akan diadakan pada tanggal 25 Januari 2014 ini, kami mengusung tema “Kemandirian Industri Perminyakan dan Gas Nasional”. Topik ini diangkat dengan melihat kondisi industri penunjang migas yang saat ini masih didominasi oleh eksportir asing. Sehingga dengan diadakannya seminar ini, diharapkan pemerintah dapat membuka peluang bagi perindustrian nasional agar dapat memenuhi kebutuhan sektor hulu dan hilir migas Indonesia.
1.   Waktu dan tempat: Sabtu, 25 januari 2014 di Aula Barat ITB, pukul 08.00-13.30 WIB
2.     Tema seminar: Kemandirian Industri Perminyakan dan Gas Nasional
3.     List Pembicara
·        M. Wahid Sutopo (Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT PGN)
·        Bambang Ismanto (Vice President Reservoir Development – Asia Pacific Region at BP)
·        Prof. Dr. Ir. IGN Wiratmaja Puja, M.Sc (Staff Ahli Menteri Bidang Kelembagaan dan Perencanaan Strategis)*
·        Ir. F. Tony Tanduk, MA (Direktur Industri Kimia Dasar)**
*menggantikan Susilo Siswoutomo (Wamen ESDM)
**menggantikan Alex S. W. Retraubun  (Wamen Perindustrian)
4.    Yang diharapkan dari tiap pembicara yaitu mengemukakan pendapatnya mengenai latar belakang dan kondisi industri impor dan ekspor peralatan migas Indonesia melalui sudut pandang dari oil company yang bergerak di Indonesia
5.     Waktu yang tersedia untuk tiap pembicara: untuk sesi 1, speech untuk masing-masing pembicara 10-15 menit. Di sesi 2, selama 1,5 jam untuk semua pembicara, diberikan tanya jawab mengenai speech yang dikemukakan dan pembahasan serta solusi.
Acara ini didukung oleh : Alumni Teknik Perminyakan ITB Riau, HMTM Patra ITB, dan Institut Teknologi Bandung
Disponsori oleh : BP, Total E&P Indonesie, ConocoPhillips, dan PGN
Media Partner : Kantor Berita ITB dan Radio Kampus ITB
sdfsdf