LIHATLAH SEKELILINGMU – DAY 1 PATRA 141

by : Anthony Kurnia Jaya (PATRA16091)

Pada hari minggu, 10 Desember 2017 diadakan sebuah acara bernama PATRA “One For One” yang berlokasi di Rumah Singgah Rabbani Cikutra. Secara garis besar pada acara ini kita akan kita ingin untuk lebih dekat lagi dan juga mencerdaskan masyarakat dengan masyarakat di sekitar kita. Meskipun sedang di masa-masa ujian, saya tetap ingin mengikuti acara ini karena saya yakin bahwa di setiap kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat di sekitar kita pasti akan memberikan nilai tersendiri. Saya pun datang terlambat pada acara ini karena harus mengikuti kegiatan asistensi terlebih dahulu dan tidak sempat mengikuti sesi mengajar bahasa inggris dan saya pun hanya sempat mengikti kegiatan bermain bersama. Ketika saya mengikuti acara bermain bersama anak-anak yang berada di sana saya melihat kebahagiaan yang belum pernah saya lihat sebelumnya keluar dari muka anak-anak tersebut. Seakan-akan seluruh beban tugas maupun ujian yang terdapat di benak saya hilang sejenak ketika saya melihat mereka semua.

Saat saya sedang bermain dengan anak-anak tersebut, saya pun melihat salah seorang anak yang paling bahagia bermain. Ia bernama Agga. Saya pun seperti sedang melihat diri saya sendiri saat masih kecil ketika melihatnya. Seorang anak kecil yang masih polos dan haus akan bermain dan juga teman untuk bercanda tawa. Keberadaan saya di sana seolah membantu Agga untuk memenuhi rasa hausnya tersebut. Sebenarnya rasa haus akan bermain juga ditunjukkan oleh anak-anak lain, tetapi karena saya merasa Agga cukup mirip dengan saya saat masih kecil maka saya memutuskan untuk lebih banyak bermain dengannya. Ketika acara berakhir, saya cukup terkejut ketika Agga meminta ke saya dan juga teman-teman saya untuk datang lagi minggu depan. Lebih dari itu, dia juga meminta saya untuk berjanji agar bermain lagi dengannya jika minggu depan saya ikut.

patra 1

Setelah acara berakhir, saya memiliki pemikiran bahwa sesungguhnya untuk berbuat baik terhadap masyarakat di sekitar kita itu tidak perlu mengeluarkan banyak uang ataupun mengatur acara yang cukup kompleks. Tidak juga dengan harus memberikan barang dan juga mainan yang mahal untuk anak-anak. Melainkan, dengan hanya meluangkan sedikit waktu kita saja dengan bermain dengan anak-anak yang berada di sekitar kita dan juga memberikan mereka edukasi berupa pengajaran bahasa inggris, sebenarnya sudah cukup membuat mereka semua bahagia. Perkataan saya di awal cerita ini akhirnya terbukti. Saya mendapatkan nilai yang sangat berarti di acara ini. Kedepannya, saya ingin mengajak siapa pun yang membaca cerita ini agar mulai melihat di sekeliling kita bahwa masih banyak orang-orang yang membutuhkan kita meski hanya teman bermain saja. Hal tersebut tidaklah susah, hanya bergantung pada keinginan serta meluangkan waktu sejenak. Maka dari itu selain melihat orang-orang di sekeliling kita, mulailah bergerak dan mulai lakukan sesuatu yang berarti untuk orang di sekelilingmu.