Paper Competition Workshop Review

by : Aditya Bayu Pratama (PATRA 14020)

Di keilmuan teknik perminyakan yang karyanya terbatas dalam bentuk karya praktis, penelitian merupakan langkah penting dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan berkarya di keilmuan ini. Penelitian-penelitian tersebut dibuat dalam karya tulis yang disebut paper. Dalam workshop kompetisi kali ini akan dibahas lebih mendalam mengenai paper, elemen-elemen didalamnya, dan bagaimana mempresentasikannya agar karya tersebut dapat dipublikasikan.

Abstrak

Abstrak adalah bagian awal dalam sebuah paper. Abstrak berisi ringkasan dari isi paper mulai dari tujuan, metodologi, hingga hasil. Abstrak menjadi sangat penting karena bentuk seleksi pertama yang dilakukan pihak penyelenggara lomba maupun pihak penyelenggara konferensi adalah dengan seleksi abstrak tanpa melihat isi paper, sehingga abstrak harus dibuat sebaik mungkin. Abstrak yang baik harus mencakup poin-poin berikut.

· Permasalahan, ruang lingkup masalah, dan tujuan penelitian.

· Metodologi, prosedur dan proses.

· Hasil dan kesimpulan

· Kelebihan paper tersebut dibanding paper-paper terdahulu

Judul

Judul sangatlah penting karena yang pertama kali akan dilihat oleh penguji dan juri setelah lolos seleksi abstrak adalah judul dari paper tersebut. Judul harus merepresentasikan isi paper sekaligus harus mampu memiliki daya tarik tersendiri bagi pembaca untuk membaca paper tersebut. Judul yang baik harus mencakup poin-poin berikut.

· Singkat, padat, dan jelas.

· Memiliki nilai jual bagi yang akan membacanya (gunakan kata-kata simpel, mudah, efisien, dll).

· Menarik pembaca.

Isi Paper

Isi paper merupakan inti dari paper itu sendiri dimana metodologi dan hasil penelitian dituliskan didalamnya. Pada prinsipnya Abstrak dibuat ketika isi paper hingga kesimpulan telah selesai, namun pada kenyataannya seringkali abstrak yang terlebih dahulu dibuat sesuai mekanisme seleksi, sehingga seringkali metode penelitian dan kesimpulan menjadi terkoridor demi mengejar kesesuaian dengan adanya abstrak. Isi paper yang baik mencakup adanya poin poin berikut.

· Introduction

· Metodologi

· Hasil

· Pembahasan

· Kesimpulan

· Referensi

· Nomenklatur

Presentasi

Presentasi juga merupakan bagian yang penting dalam konferensi maupun kompetisi paper karena yang akan menentukan apakah karya tersebut dapat dipublikasikan atau tidak. Seringkali pembuat paper tidak terlalu mempersiapkan dalam presentasi sehingga meskipun karyanya telah bagus namun paper tersebut tidak dapat dipublikasikan. Dalam presentasi ada beberapa tips yang pembicara bagikan yaitu :

· Kenali Juri

· Ingat waktu karena presentasi dibatasi waktu

· Lakukan gerakan tubuh dan kaki, jangan hanya statis ditempat

· Slide hanya sebagai pointer, penjelasan dari yang mempresentasikan

· Warna background slide sebaiknya putih polos

· Kurangi animasi di presentasi

· Lihat wajah audience selain wajah juri

· Latihan intonasi, gesture, dll

· Persiapkan presentasi sematang mungkin