Guidance for Risk Management and Assessment of Well Integrity

By : Ahmad Rafi (PATRA 15061)

Pendahuluan

Dalam proses produksi minyak apabila tidak dilakukan dengan baik terdapat resiko mengalami kebocoran pada pipa sehingga minyak dapat mencemari air tanah. Kebocoran pipa juga bisa menyebabkan fluida dari luar yang tidak diinginkan menginvasi ke dalam sumur dan ikut terproduksi ke permukaan. Kejadian tersebut perlu dicegah karena sangat lah merugikan apalagi di bisnis migas dengan biaya modal sangat mahal.

Well integrity adalah suatu metode pekerjaan evaluasi yang digunakan untuk mencegah hal itu terjadi. Tujuannya adalah mencegah seluruh kebocoran hidrokarbon dan menutup sumur selama keadaan darurat yang mana mengharuskan sumur untuk dimatikan. Well Integrity terdiri dari banyak bagian yang saling menungjang.

Pembicara :

Sdr. Sahat Martua (Sr. MWD/LWD Engineer –Halliburton)

Topik dalam well integrity yang dibahas pada kesempatan kali ini adalah optimized drilling performance. Alur kerja secara keteknikannya pertama adalah tahap perencanaan,. Tahap selanjutnya adalah persiapan, lalu lanjut ke tahap mobilisasi dimana ditahap ini tantangan indonesia yang merupakan negara kepulauan yang menyebabkan logistik menjadi salah satu masalah. Tahap selanjutnya adalah yaitu eksekusi dari rencana dan persiapan yang telah kita lakukan. Tahap terakhir adalah Knowledge Capture yaitu mempelajari data-data yang kita dapat berdasarkan eksekusi yang kita lakukan untuk kemudian bisa kita jadikan refrensi di masa depan.

Contoh Time vs Depth graph

Tantangan dalam mengoptimasi performa dari pengeboran adalah bagaimana caranya kita dapat melakukan dengan secepat mungkin karena semakin lama waktu maka biaya yang dibutuhkan juga semakin besar. Semakin cepat operasi pengeboran kita maka grafik akan semkain berada di bagian kiri yang artinya kita bisa melakukan pengeboran dengan lebih lebih efisien. Setiap hari kita mencocokan tahap yang kita lakukan dengan rencana yang sudah kita buat sebelumnya, harapannya kita dapat melakukan pengeboran dengan biaya per waktu yang sama, namun lebih cepat dan efisien.

Musuh utama dari pemboran adalah vibrasi, yaitu goncangan selama pengeboran. Vibrasi bisa diakibatkan faktor external contohnya akibat interaksi antara bit dan formasi, dan juga bisa akibat dari faktor internal seperti konfigurasi BHA. Terdapat 3 jenis mekanisme vibrasi:

· Axial: gaya longitudinal sepanjang drill string menyebabkan tegangan d resulting in varying tension and occasionally compression tension reversals.

· Lateral: gaya samping menyebabkan flexing atau bending

· Torsional:vibrasi yang memberikan hambatan terhadap rotasi menyebabkan twisting akibat torsi yang mencoba melampaui hambatan tersebut.

Dari mekanisme atau kombinasi tersebut kita dapat membagi tipe vibrasi menjadi Stick-slip, Bit Bounce, Bit Whirl, BHA Whirl,Lateral Shocks, Torsional Resonance, Parametric Resonance, Bit Chatter, & Modal Coupling.

Masalah yang diakibat oleh vibrasi adalah:

· ROP yang lambat

· Energi Transfer yang buruk

· Hilangnya energi akibat vibrasi

· Pengukuran MWD/LWD yang buruk

· Dapat memancing ketidakstabilan wellbore

· Kegagalan Toljoints

· Washouts

· Twist offs

Cara mengatasi vibrasi tersebut adalah dengan memasang sensor vibrasi sehingga kita tau tipe vibrasi apa yang terjadi secara real-time, dan selanjutnya menanggulanginya ketika pemboran berdasarkan berbagai macam pertimbangan.

Pengambilan data pada saat pemboran (Measurement While Drilling & Logging While Drilling) lebih presesi daripada setelah pemboran dikarenakan ada data yang terpengaruh contohnya Resistivity yang terpengaruh mud invasion. Pada saat pengeboran inklinasi tinggi segala hal pada pemboran menjadi lebih menantang. solusinya adalah menggunakn Rotary Steerable System. RSS memiki cincin besi yang dapat digeser sehingga dapat mengarahkan bit dengan tepat.

Kelebihan Rotary Steerable System:

· Precise wellbore placement for maximum production

· Pemboran yang lebih cepat

· Mengurangi NPT

· Kualitas yang baik pada logging dan cementing operations

· Rotasi ketika menaikan inklinasi

· Pembersihan lubang sumur yang lebik baik

Sumber:

http://www.drillingformulas.com/vibration-mechanisms-in-drillstring-by-sperrysun/

https://archive.kaskus.co.id/thread/899212/293

http://www.halliburton.com/en-US/ps/sperry/drilling/directional-drilling/rotary-steerables/rotary-steerable-solutions.page