Wisuda Juli 2014

Wisuda yang diadakan pada tanggal 12 Juli 2014 mempunyai tema utama dari KM ITB yaitu Indonesia. Oleh karena itu, HMTM PATRA memilih tema Papua untuk Wisuda Juli 2014 ini. Kepanitiaan untuk acara ini dimulai dengan OpRec ketua dimulai dari tanggal 28 April 2014 dan FPT (Fit and Proper Test) diadakan pada tanggal 9 Mei 2014. Sehingga terpilih sebuah nama untuk menjadi ketua Wisuda Juli ini pada tanggal 9 Mei 2014 (Hari yang sama dengan FPT). Suatu hal yang cukup wah pada wisuda ini karena seorang ndoro putri lah yang terpilih, yaitu Ratih Octarina PATRA12032.

Setelah terpilih, ia segera mempersiapkan segala hal untuk wisuda ini mulai dari membentuk panitia inti, mengoprec untuk anggota divisi, mengadakan rapat dan lain-lain. Walaupun ada beberapa tantangan dalam mempersiapkan acara ini, seperti masa-masa UAS, mempersiapkan untuk kulap, terpotong libur dan masalah lainnya, tidak membuat semangatnya dan massa yang lain menjadi padam. Sehingga acara ini dapat dipersiapkan dengan sebaik mungkin, yaitu penyusunan rangkaian acara, pemilihan tanggal dan tempat, pembuatan dekorasi, publikasi dengan berbagai media, dll. Secara garis besar, acara Wisuda Juli 2014 ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu WisNite(Malam Sebelum Wisuda) dan WisDay(Hari Wisuda).

WisNite diadakan pada malam sebelum hari H wisuda, yaitu tanggal 11 Juli 2014, bertempat di Galeri Ciumbuleuit. Acara dimulai pukul 17.00 (open gate dimulai dari sejam sebelumnya) dan dihadiri oleh wisudawan periode ini beserta orang tua nya, beberapa dosen Teknik Perminyakan dan juga massa PATRA yang tak lupa ikut meramaikan malam itu. Rangkaian acara pada malam itu antara lain sambutan dosen dan ketua panitia, persembahan untuk wisudawan, persembahan dari BOP (Band of PATRA), dan prosesi. Acara berakhir kurang lebih pukul 22.00. Acara pada malam ini bisa dikatakan sesi formal dari rangkaian Wisuda Juli 2014. Terlihat dari dress code yang ditetapkan, dekorasi yang ada, dan rangkaian acara yang ada.

  

Seperti tahun lalu, WisDay kali ini berlangsung pada masa puasa, yang menjadi tantangan sebagian massa PATRA yang melaksanakan puasa. Meski demikian, arak-arakkan yang dilakukan, yang dipersembahkan untuk wisudawan tetap dilakukan dengan penuh semangat. Jalur arak-arakan melewati lapangan saraga, tunnel, Sunken (Ada orasi oleh Danlap yaitu Prassetio PATRA12052), lalu Long March melalui Lingkar Barat, Komplek Matematika, GKU Barat, CC Barat, dan menuju himpunan. Sebelum sampai di himpunan, di lingkar timur dekat kantin Bengkok, ada perform persembahan dari massa PATRA 2011 dan 2012 yaitu tarian papua. Di himpunan acara diakhiri dengan penonhiman dan perang air. Acara wisday berakhir kurang lebih pukul 5 sore.

Pada Wisuda Juli 2014 ini, massa PATRA yang lulus berjumlah 42 orang PATRA 2010 dan 3 orang PATRA 2009. Selamat menempuh hidup baru para wisudawan! Semoga sukses dan kami yang masi mengenyam pendidikan di sini juga dapat sukses seperti kalian!

122 PATRA!