CATATAN AKHIR WISUDA OKTOBER PATRA 2016

DSC_0696

Wisuda Oktober PATRA 2016

Oleh Hadi Winarto/ 12214047

            Pembukaan

“Memberikan Apresiasi Terbaik kepada Wisudawan dengan Usaha yang Maksimal”.

Kalimat diatas merupakan keinginan terbesar saya, sekaligus  pendorong bagi saya untuk memberanikan diri menjadi calon Ketua Wisuda Oktober. Perasaan/ keinginan tersebut tentunya bukan hanya muncul secara tiba-tiba, namun melalui proses cukup panjang. Kegelisahan yang muncul pada diri saya setelah saya mendapat kesempatan menjadi salah satu ketua divisi Wisuda Juli mungkin adalah pemicunya.

Pada awalnya tidak terbesit dalam pikiran saya sama sekali untuk menjadi Ketua Wisuda Oktober. Kegelisahan yang saya rasakan hanya saya titipkan kepada Ketua Wisuda Juli untuk disampaikan kepada calon Ketua Wisuda selanjutnya. Namun seiring berjalannya waktu, saya pun berpikir, “Daripada mengharapkan orang lain untuk mengubah sesuatu sesuai harapan kita, mengapa tidak kita sendiri yang mengubahnya?”.

 

Gambaran umum wisuda

Wisuda merupakan sebuah ajang / acara untuk memberikan apresiasi sebaik-baiknya dan sebesar-besar kepada wisudawan. Selain itu, wisuda juga sebagai masa refleksi kepada wisudawan untuk selalu memanfaatkan ilmu yang telah didapat sebaik-baiknya agar dapat mengharumkan nama almamater tercinta dan tentunya negara Indonesia. Masa refleksi tentunya bukan hanya dilakukan oleh wisudawan, namun juga oleh mahasiwa yang hadir pada acara wisuda tersebut. Mahasiswa yang hadir dapat merefleksikan diri jika mereka harus terus semangat untuk mengembangkan diri dan menggali ilmu agar pada akhirnya bisa meraih titik yang sama untuk menjadi wisudawan dan dapat berguna bagi bangsa dan negara.

 

            Keberjalanan

Tidak jauh berbeda dengan Wisuda Juli, Wisuda Oktober juga terbagi kedalam 2 rangkaian, yaitu wisnite dan wisday. Wisnite merupakan momen untuk wisudawan bersama orang tua dan dosen, sedangkan wisday merupakan momen untuk massa PATRA dapat mengapresiasi para wisudawan dengan arak-arakan .

Wisnite Oktober PATRA 2016 berlangsung di Hotel Harris, Cimbeleuit. Acara dimulai dengan sambutan dari dosen, kahim dan ketua wiuda. Setelah itu dilanjutkan dengan acara utama di wisnite ini yaitu penyerahan plakat dari dosen kepada para wisudawan, dan juga penyerahan patra tag dari orang tua kepada para wisudawan. Tidak lupa para dosen memberikan kesan-kesan terhadap para wisudawan yang maju satu per satu untuk menerima plakat dan patra tag. Setelah prosesi berlangsung, dilanjutkan dengan acara makan bersama dengan diiringi oleh penampilan dari Band of Patra (BOP). Acara selanjutnya yang sangat berkesan yaitu adanya pemutaran 2 video, yaitu video testimoni para dosen, staff, satpam, dan juga tentunya massa PATRA, dan juga pemutaran video flashback yang menceritakan kembali momen-momen yang telah dilewati oleh para wisudawan dari awal masuk kuliah sampai lulus sekarang. Acara selanjutnya yang tak kalah seru yaitu penampilan dari PETROSIUM yang bertemakan naruto. Terakhir, acara ditutup dengan penampilan terakhir dari para wisudawan dengan nyanyi bersama dan juga meneriakkan PATRA MANIA.

Hal yang menjadi pembeda paling besar dari Wisuda Oktober dan Juli adalah jumlah massa PATRA yang ikut dalam arak-arakan. Bulan Oktober yang merupakan masa kuliah ditambah dengan adanya angkatan PETROSIUM yang masih memiliki semangat membara menghasilkan tingginya antusiasme massa PATRA dalam memberikan apresiasi terbaik kepada wisudawan dengan melakukan arak-arakan. Namun, keberjalanan wisday sendiri mungkin tidak semulus  dengan apa yang diharapkan. Antusiasme massa PATRA yang sangat tinggi tidak didukung oleh kondisi cuaca yang baik. Akibatnya arak-arakan tidak dilakukan sampai lapangan basket, Hal ini juga mengakibatkan PATRA tidak dapat menampilkan perform di lapangan basket. Namun, beruntungnya semua acara yang diagendakan di wisday dapat berjalan, dimulai dengan adanya penyambutan wisudawan oleh massa PATRA di lapangan saraga dengan adanya orasi, dilanjutkan dengan foto menteri dan PATRA MANIA di tunnel, dilanjutkan dengan perang air dan menikmati penampilan perform dari PETROSIUM di lapangan kimia dasar.

 

           Penutup

Itulah cerita yang bisa saya bagikan tentang Wisuda Oktober PATRA 2016. Wisuda Oktober PATRA 2016 ini tentunya hanya merupakan sepenggal cerita dan momen yang telah kita lewati bersama di PATRA. Masih akan banyak lagi cerita dan momen yang tentunya tidak kalah seru dengan Wisuda Oktober PATRA 2016 ini. Mari kita bersama-sama membuat cerita dan momen  yang nantinya akan sulit dilupakan pada saat kita harus meninggalkan himpunan tercinta ini.

 

DSC_0285DSC_0696