KAJIAN MASSA BADAN PERWAKILAN ANGKATAN (BPA) 2013

KAJIAN KASTRAT – BPA HMTM PATRA

BADAN PERWAKILAN ANGKATAN (BPA) adalah suatu badan kelengkapan di organisasi Himpunan Teknik Perminyakan “PATRA” ITB. BPA memiliki anggota BPA yang berasal dari anggota biasa himpunan dan dipilih oleh angkatan masing-masing. BPA dibentuk dengan berdasarkan semangat dan asas keoorganisasian yakni hak suara anggota dan pengawasan terhadap Badan Pengurus (BP) dari organisasi.

Kajian-1 BPA_KASTRAT_3DES12 (3)

Keberadaan BPA di PATRA diatur dalam Anggaran Dasar (AD) Bab IV Pasal 8 dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Bab IV Pasal 12, 13, 14 dan 15. BPA secara garis besar memiliki 3 fungsi utama yakni:

  • FUNGSI ASPIRATIF
    • Menampung, mengolah dan menindaklanjuti aspirasi seluruh massa PATRA
  • FUNGSI LEGISLATIF
    • Memantau serta dapat mengamademen AD-ART melalui Rapat Anggota (RA)
  • FUNGSI KONTROL
    • Mengawasi dan mengevaluasi kinerja Badan Kelengkapan (BP dan Senator)

Sebagai suatu organisasi yang progressif dan terus menerus ingin membuat perubahan ke jalan yang lebih baik maka Kajian Strategis “KASTRAT” HMTM PATRA pada periode 2013/2014 mengadakan rangkaian kajian BPA. Tujuan KASTRAT mengadakan kajian BPA adalah untuk mengeskalasi isu BPA dikarenakan kehadiran dan influence dari BPA kepada massa PATRA dirasa masih kurang serta memperbaiki system di dalam tubuh BPA sendiri yang sejalan dengan kebutuhan dan aspirasi massa PATRA.

Kajian-1 BPA_KASTRAT_3DES12 (5)

Untuk mempertajam kajian, terlebih dahulu KASTRAT mengadakan benchmarking terhadap 6 himpunan di ITB mengenai system BPA mereka. Himpunan tersebut antara lain:

  1. IMA-G (Arsitek_
  2. HMS (Sipil)
  3. HIMATEK (Teknik Kimia)
  4. Nymphea (Biologi)
  5. HMF (Farmasi)
  6. HMP (Planologi)

Selain mengadakan benchmarking keluar, KASTRAT juga mengadakan kuisioner bagi seluruh massa PATRA (2010, 2011, dan 2012) dengan tujuan untuk mengikutsertakan seluruh massa dalam partisipasi kajian dan juga menampung segala bentuk aspirasi massa PATRA terhadap BPA PATRA. Kajian dilaksanakan sebanyak 3 kali yakni:

  • Kajian-1, 3 Desember 2013
    • Pemaparan Hasil Benchmarking, kajian KASTRAT dan kondisi BPA PATRA sekarang
  • Kajian-2, 5 Desember 2013
    • Pemaparan Hasil Kuisoner Massa PATRA serta pengambilan keputusan hasil kajian
  • Kajian-3, 10 Desember 2013
    • Diskusi KASTRAT-KAHIM-BPA dalam rangka implementasi hasil kajian.

Kajian-1 BPA_KASTRAT_3DES12 (1)

Massa PATRA yang menghadiri kajian berjumlah sekitar 20 orang pada kajian 1 dan 2 serta berjumlah 8 orang pada kajian 3. Massa yang menghadiri kajian sangat antusias dan banyak memberikan kritik membangun serta rekomendasi solutif mengenai system BPA PATRA. Pihak BPA yang menghadiri kajian juga memiliki semangat perubahan yang baik, sehingga dalam proses kajian tidak banyak debat kusir yang diperkirakan sebelumnya.

Kesimpulan dari Rangkaian Kajian BPA adalah sebagai berikut:

  1. BPA yang harus memiliki Plan Kepengurusan (“GRAND DESIGN”) yang diawal kepengurusan di paparkan ke massa PATRA agar massa dapat lebih ikut terlibat.
  2. Perlu didakannya “PEMAPARAN HASIL” kinerja BPA selama satu kepengurusan kepada massa himpunan dengan tujuan agar BPA kedepannya semakin baik dan optimal.
  3. Perubahan AD-ART terkait jumlah anggota BPA yang sebelumnya minimal 1 dan maksimal 3 menjadi berdasarkan “RASIO MASSA” angkatan.
  4. Penghapusan AD-ART terkait poin “magangers BPA”. Mengenai magang diatur dalam fungsi legislative BPA.

Harapan dari KASTRAT adalah agar hasil rangkaian kajian massa kali ini dapat memberikan kontrinusi untuk himpunan tercinta BPA dan khususnya BPA PATRA kedepannya agar dapat menjadi jauh lebih baik. KASTRAT juga berharap semangat dan budaya kajian di HMTM PATRA dapat terus meningkat! HASIL KAJIAN BADAN PERWAKILAN ANGKATAN 3,5,10 DES 2013

PENULIS

Rendhi Prakoso Kastrat HMTM Patra

MUHAMMAD ISMAIL RENDHI PRAKOSO 12210067

DESEMBER 2013