Kajian dan Mengkaji

index

by : Safira Andriani (12215080)

Semakin banyak tau semakin kita menyadari bahwa kita tidak tau. Hal ini menurut saya berlaku untuk semua hal. Untuk mendalami suatu hal, perlu banyak proses, membaca, dan memproses hasil dari bacaan dan pikiran kita ini dengan orang yang juga memiliki minat yang sama. Proses inilah yang menurut saya disebut mengkaji.saling tukar informasi, pandangan mengenai suatu isu dan masalah agar kemudian bisa dihasilkan kesimpulan yang dianggap terbaik. menurut KBBI, mengkaji adalah belajar; mempelajari; memeriksa; menyelidiki; memikirkan (mempertimbangkan dan sebagainya); menguji; menelaah baik buruk suatu perkara. sedangkan kajian adalah hasil dari mengkaji.

Menurut sumber yang saya baca dari internet, terdapat empat tahapan dari kajian, khususnya disini kajian strategis, yaitu pengolahan isu, kajian, aksi, dan evaluasi. Tidak semua isu dapat kita kategorikan sebagai mengkaji isu yang strategis. faktor strategis inilah yang menjadi faktor utama. isu stratgie ada isu yang berhubungan dengan ekonomi, politik, sosial dan budaya. tidak semua isu dalam topik ini juga dapat kita kaji. harus ada unsur relevansi dan urgensi nya di kalangan masyarakat sehinggga kajian juga dapat menghasilkan output yang berdampak. setelah menentukan isu yang tepat untuk kita kaji, barulah kita kumpulkan data dan membaca bacaan yang relevan untuk nantinya didiskusikan dalam kajian.

Dalam proses mengkaji, data-data yang telah kita dapat sebelumnya dalam pengolahan isu akan menjadi dasar kita membentuk suatu pola pikir dan argumen. dalam berpendapat disini, kita harus membuka lagi pikiran kita karena kita berhadapan dengan orang-orang dengan sudut pandang yang berbeda. bicaralah sesuai fakta dan tetap terbuka terhadap kemungkinan. jangan mudah terpancing emosi. berikan masukan yang logis dan konstruktif. karena orang-orang yang melakukan kajian tersebut sesungguhnya juga memiliki tujuan yang sama dengan kita yaitu untuk menghasilkan solusi dari suatu isu.

Bila sudah kajian, maka dilakukan aksi. hal ini mungkin akan sulit dilakukan untuk tingkat mahasiswa secara langsung. aksi ini dapat juga berupa tulisan-tulisan yang ditujukan kepada instansi terkait seperti pemerintah, peruashaan atau organisasi.

Pada praktik nya sejauh ini di HMTM PATRA, proses ini masih hanya berlangsung sampai tahap mengkaji. sehingga pikiran-pikiraran hasil mengkaji hanya beroutar di lingkaran para pengkaji saja tanpa berdampak bagi orang banyak.

Dari semua penjelasan diatas, dapat dilihat bahwa sebenarnya semua orang dapat melakukan proses mengkaji ini jika ada kemauan dan ketertarikan terhadap isu tersebut.